Senin, 07 September 2015

Farmasi Rumah Sakit


Pendahuluan
A.      Upaya Kesehatan dan Sarana Kesehatan
Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan tempat yang digunakan untuk menyelenggarakannya di sebuah sarana kesehatan. Sarana kesehatan berfungsi untuk melakukan kesehatan, sarana kesehatan meliputi balai pengobatan, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, praktik dokter, took obat, apotek, instalasi farmasi rumah sakit (IFRS), pedagang besar farmasi, labolatorium kesehatan, dan saarana kesehatan Lainnya. Dalam sarana kesehatan ini dilakukan pekerjaan kefarmasian mencakup pembuatan, pengendalian mutu, pengolahan perbekalan farmasi, pelayanan obat, pelayanan informasi obat.
B.      Proses Pelayanan Farmasi Dan Proses Pelayanan Kesehatan


C.      Peranan Apoteker Dalam Proses Pelayanan Kesehatan
Proses pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh apoteker berurusan dengan penerapan terapi, dengan menyediakan produk obat yang perlu untuk pengobatan kondisi yang didiagnosis oleh dokter, dan memastiakn penggunaan obat yang tepat. Selain itu, apoteker memberi konsultasi dan/atau lkonseling bagi penserita tentang cara terbaik mengkonsumsi obat dan apoteker dalam posisi membantu penderita memantau pengaruh positif dan negative dari terpi mereka.
D.      Sistem Pelayanan Kesehatan
Proses pelayanan kesehatan menguraikan interaksi antara penderita dan praktisi kesehatan dalam situasi medis. Banyak organisasi yang terlibat dalam sitem pelayanan kesehatan.
E.       Komponen Obat Dalam Pelayanan Kesehatan
Peran apoteker dalam pelayanan obat bukan saja dalam menyediakan sediaan obat, tetapi juga membantu untuk memastikan penggunaannya yang tepat, memastiakan bahwa lama terapi yang tertulis adalah aman, efektif, dan benar bagi pasien. Tanggung jawab apoteker dalam pelayanan farmasi yaitu pengadaan pelayanan langsung berkaitan dengan obat, dan bertanggung jawab untuk pencapaian hasil pasti yang meningktakan mutu kehidupan penderita.
F.       Pustaka
1.       Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 1992, tentang Kesehatan.
2.       Gennaro, A.R.: Remington’s Pharmaceutical Sciences, Mack Publ. Co., 1990, 1937.
3.       Smith, M,C and Knapp, D.A: Pharmacy, Drug and Medical Care, 5th ed., William and Wilkins, 1992. 1-13.
4.       Hiks, W.E.: Practice Standards of ASHP 1994-95, ASHP Inc., 1994, 24.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar